Tuesday, July 11, 2006

Blog..., Copyright or Copyleft?

Sekarang ini banyak sekali blog yang memasang banner bertuliskan "jangan asal copy paste", yang mengajak kita untuk menghormati hak cipta, karena bagaimanapun juga isi sebuah blog adalah sebuah karya cipta. Untuk hal ini, saya setuju 100% deh. Karena kita harus mulai terbiasa dengan karya cipta orang lain. Jadi jangan meng-copy-paste isi blog orang sembarangan, baik ke blog pribadi kita maupun kemanapun juga tanpa ijin dari orang yang memiliki blog tersebut.
Namun, ini berbeda dengan blog saya yang satu ini... walaupun blom sempet aku isi karena masih baru, aku mempersilahkan siapa aja yang mau meng-copy-paste apapun di blogku ini. karena bagaimanapun juga, aku bisa nulis disini karena dapat host gratis dari blogger, dapet bimbingan gratis dari ukm di kampus, dapet koneksi gratis dari kantor, dapet akal yang sehat gratis dari Tuhan YME, dapat ilmu gratis dari internet, de el el ..... , trus kenapa blog (tulisanku) harus aku simpan sendiri???
Pak Onno W Purbo pernah membagi ilmunya yang berupa tutorial, artikel, jurnal dll dalam sebauh harddisk. Beliau bilang: "ilmu saya gratis, ga pake copyrigth". Beliau juga berkata apabila ada yang mau curang, bisa saja artikel2nya itu dijadikan skripsi atau tesis :P.
Btw, tulisan ini bukan mengajak anda untuk membajak blog orang lain, melainkan mengajak anda untuk membagikan ilmu (blog) anda sebebas-bebasnya, dan segratis-gratisnya. Karena pengetahuan itu milik semua orang.
Jika ada orang yang menyadur blog saya, saya ga akan otomatis naik ke surga, orang itu juga ga akan otomatis masuk neraka :P, buat Indonesia semakin pintar, dengan membagi ilmu anda.
jadi bagaimana? ingin Copyright or Copyleft?
Silahkan pasang banner ini:
atau:

atau:
Note: copy-paste-kan script dibawah gambar yang anda pilih ke template/blog anda.

3 comments:

Jo Ann said...

hi uare... km yg pertama kasih komen di blogku deh :P

sori yah kalo buka account dulu baru bisa kasih koment, soalnya aku blom cek lagi settingnyam sekarang dah aku buka kok, siapa aja boleh kasih koment :D

ok, salam kenal tetangga, GBU

Anonymous said...

Halluuu halluuuu...
makasih dah mampir yaa..
btw, dirimu dulu anak Unisbank kah? kok tau IC segala?

Jo Ann said...

dulu dering mampir aja :P